Selasa, 16 Februari 2010

Cara atasi windows lambat (lelet)


Biasanya kelambatan windows (Operational System komputer) selalu menjadi masalah bagi para pengguna komputer, diantar penyebab-penyebab lambatnya windows (Operational System komputer) tersebut adalah :
1.    PROCESSOR TERLALU PANAS. perlu di ketahui bahwa processor yang panas akan membuat performa komputer menjadi lambat, oleh karena itu perhatikan debu pada FAN komputer penuh dan menghambat perputaran FAN.
2.    TERLALU BANYAK APLIKASI YANG TERINSTALL. Uninstal aplikasi yang tidak perlu. Cara Uninstal aplikasi dengan mudah adalah dengan cara masuk ke control panel lalu pilih add romove program lalu pilih aplikasi yang akan di uninstal lalu klik remove, dan ikuti langkah selanjutnya.
3.    TERINFEKSI VIRUS. Biasanya virus membuat performa komputer sangat lambat di sarankan agar menggunakan anti virus yang bagus, dan selalu di update (terutama PC yang sering terhubung dengan internet), saya sarankan untuk menggunakan 2 antivirus yaitu antivirus local dan internasional seperti menggambungkan antivirus SMADAV dengan AVAST atau bisa yang lainnya, kenapa saya menyarankan untuk menggunakan 2 antivirus local dan internasional karena 2 antivirus tersebut bisa menutupi kekurangan masing-masing karena menggunakan virus local saja bisa mengenali virus local dan jarang mengenali virus internasional sedangkan menggunakan virus internasional bisa mengenali berbagai virus internasional yang tidak terdeteksi oleh virus local tapi virus internasional belum tentu mengenali banyak virus local, maka dari itu saya menyarankan untuk mengguanakan 2 antivirus pada PC anda. Daftar antivirus local yang banyak digunakan saat ini adalah SMADAV, PCMAV, ANSAV, dan mungkin yang akan banyak digunakan adalah HESAV. Sedangkan antivirus internasional adalah AVAST, AVG, KASPERSKY, AVIRA, NORTON, NOD32, dll.
4.    MINIMALISIR SYSTRAY (sudut kanan bawah monitor). Disable startup yang tidak perlu kecuali anti virus. Mendesable atau menonaktifkan starup adalah dengan cara mengklik kanan pada icon yang ada pada pojok bawah kanan monitor lalu pilih disable.
5.    HARDDISK TERLALU PENUH.  Harddisk terlalu penuh membuat performa turun, oleh karena itu saya sarankan untuk membuang file yang tidak di gunakan (disarankan pada drive c)
6.    MAINBOARD (mobo) BERDEBU. Jangan meremehkan debu pada mobo. Lakukan pembersihan menggunakan compresor (pompa angin ban motor) untuk menhilankan debu. Jangan gunakan kemoceng.
7.    SERING SHUTDOWN TIDAK SESUAI PROSEDUR. Proses shutdown pada dasarnya adalah menidurkan PC (windows) dengan mengembalikan semua PROCESSES kepada fungsi dan kedudukan awal. Jika kita paksa shutdown berakibat Hardisk Badsector, Windows Error, dan hilangnya file2 driver pc. Jika anda ingin mempercepat shutdown tapi awan saya sarankan untuk menggunakan software SUPER FAST SHUTDOWN, software tersebut adalah software yang berguna untuk menshutdown computer super cepat malah 80% lebih cepat dari biasanya.
8.    TERLALU MENGUTAMAKAN APPEARANCE DARI PADA PERFORMANCE. Jika PC kita bukan PC yang "wah", pilihlah "Adjust for best performance" kita bisa mengaksesnya dari: klik kanan Mycomputer >>>> klik advance>>>> pada submenu performance klik setting>>>> klik Adjust for best performance
9.    DRIVE C PERLU DI DEFRAGMENTASI. Jalankan defrag sceduler (defrag terjadwal), mendefrag computer dengan cara buka my computer lalu klik kanan pada drive yang akan di defrag lalu pilih properties lalu pilih tab tools dan klik defragment now lalu akan muncul form defrag lalu klik defragment.
10.    Untuk mengatasi masalah2 internal PC kita, gunakan Tune Up Utility.

Semoga cara-cara yang saya berikan bisa membantu, tapi kalau anda tidak terbantu dengan caara di atas saya sarankan untuk menambah ramnya dengan lebih besar....!!!

1 komentar: